Ternyata Teripang Bisa Jadi Nutrasetikal dan Cegah Penyakit Kronis

Geesel, GinsengLaut.com – Masyarakat Indonesia sepertinya tidak perlu meragukan lagi apa saja manfaat dari kandungan nutrisi teripang. Sebab dewasa ini, ada banyak penelitian mengenai teripang yang telah memaparkan kandungan nutrisi teripang yang baik bagi tubuh.

Tidak hanya dalam sejarah tradisional Cina, Teripang telah dibuktikan manfaatnya melalui sejumlah penelitian-penelitian dalam dua dekade ini. Salah satunya adalah teripang dan potensinya sebagai bahan Nutrasetikal.

Untuk itu kita perlu apa itu nutrasetikal dan apa maksudnya dalam kesehatan?

Nutrasetikal (Nutraceutic) merupakan istilah yang terdiri dari kata “nutrisi” dan “farmasi”. Secara medis, Nutrasetikal adalah jenis makanan yang memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk pencegahan dan pengobatan penyakit. Dilansir dari laman BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Nutrasetikal adalah komponen pangan yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki manfaat kesehatan yang sesuai selain dari zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Konsep Nutrasetikal sebetulnya bukan suatu hal yang baru. Bahkan Nutrasetikal merupakan hal yang sangat popular di negara lain seperti Amerika serikat, Jepang, Inggris, dan beberapa negara lainnya. Minat konsumen terhadap hubungan antara makanan dan kesehatan meningkatkan permintaan terhadap informasi tentang nutrasetikal. Tingginya minat terhadap Nutrasetikal di negara-negara terebut adalah karena kesadaran pengaruh baik dari Nutrasetikal untuk tubuh.

Nutrasetikal memiliki peran besar dalam proses biologis dalam tubuh. Peran besarnya antara lain dapat menjaga kesehatan tubuh, membuat tubuh terhindar dari penyakit kronis, bahkan mampu menunda proses penuaan. Ini dapat menjadi sebuah terbosoan untuk mencegah penyakit yang paling dihindari seperti diabetes, gagal ginjal, atau infeksi lainnya.

Bentuk dari Nutrasetikal pun adabermacam. Ada yang berbentuk tablet, bubuk, cairan, bahkan kapsul. Nutrasetikal yang dapat kita temui adalah berbahan dasar teripang. Ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ekstrak teripang dapat digunakan sebagai bahan Nutrasetikal salah satunya dalam bentuk tablet.

Tentu Indonesia dengan Biodiversity yang dipunyai mempunyai sumber daya teripang yang melimpah. Potensi tersebut harus digunakan sebagai Nutrasetikal untuk menjaga kesehatan masyarakat. Berikut alasan mengapa Teripang cocok menjadi Nutrasetikal:

1. Mengandung berbagai macam mineral

Habitat teripang yang berada di antara karang membuat teripang mengandung berbagai macam mineral seperti kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor berperan penting dalam perkembangan atau pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, teripang kaya akan zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan kalium yang penting dalam pencegahan dan perawatan hipertensi.

2. Meregenerasi Sel

Teripang memiliki kemampuan penting. Hal tersebut membuat teripang berkhasiat menyembuhkan luka. Hidup di lingkungan yang keras seringkali menyebabkan dinding tubuh teripang terpecah atau luka pada organ tubuhnya. Namun ajaibnya teripang dapat menyembuhkan dirinya sendiri.

Kemampuan tersebut bukan disebabkan karena teripang merupakan makhluk hidup ajaib. Kemampuan regenerasi sel tersebut berlandaskan kandung  kolagen dari teripang yang begitu tinggi.

Kandungan kolagen yang tinggi pada teripang juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit. Selain karena sifat regenerasi sel yang membuat proses penyembuhan luka menjadi cepat, ini juga membuat memperlambat proses penuaan pada kulit.

3. Mengandung Asam Lemak Baik

Kandungan asam lemak pada teripang seperti eicosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) adalah yang paling dibutuhkan untuk tubuh. Asam lemak ini justru membuat tubuh terhindar dari penyakit kardiovasculer, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, kegunaan EPA juga dapat menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga mengonsumsi ekstrak teripang dapat mencegah penyakit Arteroslerosis, sedangkan DHA berperan utama dalam perkembangan sistem syaraf dan dapat meningkatkan daya ingat.

4. Mencegah Penggumpalan Darah

Teripang mengandung glikosamin sulfat dan kondroiitin sulfat. Kandungan Glikosamin Sulfat dapat mencegah terjadinya penggumpalan atau pembentukan darah. Glukosamin sulfat dapat menyembuhkan seseorang dari stroke isemik otak atau penyakit jantung isemik.

Sedangkan kondroitin sulfat adalah komponen dari pembentuk tulang rawan. Kondroitin sulfat dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi atau membantu kinerja sendi. Sehingga kandungan kondroitin sulfat pada Teripang dapat menyembuhkan radang sendi, rematik, dan osteoarthritis.

5. Menghambat Pertumbuhan Tumor

Teripang mengandung antioksidan berupa saponin glikosida. Kandungan ini merupakan senyawa anti kanker. Beberapa hasil penelitian menunjukkan Teripang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Selain itu senyawa lektin pada teripang juga dapat menghambar, menggumpalkan dan membunih sel kanker.

Kombinasi antara teripang dan proses pengolahan Teripang yang tepat dan terjaga membuat Teripang menjadi bahan Nutrasetikal yang tepat sebagai solusi menjaga kualitas hidup dari aspek kesehatan masyarakat Indonesia.

Geesel adalah suplemen berbahan dasar Teripang dengan cara pengolahan yang tepat. Temukan kebaikan Teripang dalam Geesel dengan pesan di sini:

Pesan Disini

Shopee

Tokopedia

TiktokShop

Whatsapp Customer Service

Berita Terkait

Diskon Grand Launching! Geesel 30 Kapsul Hadir…

Menang 7 Juta Rupiah, Syaratnya Cukup Registrasi…

Belajar dari Filosofi Teripang: Tampak Aneh Tapi…

Ternyata Teripang Bisa Jadi Nutrasetikal dan Cegah…

Ini 4 Manfaat Geesel Bagi Penderita Penyakit…

GEREBEK GEESEL, Menangkan Total Hadiah Puluhan Juta…

Jenis, Harga, dan Manfaat Teripang di Indonesia:…

Buat Resolusi 2023, Ini 5 Tips Hidup…