Jenis, Harga, dan Manfaat Teripang di Indonesia: Harta Karun Lautan Dalam

Ini jenis, manfaat, dan harga teripang di Indonesia, simak informasi selengkapnya – Indonesia sebagai negara maritim dengan garis pantai sepanjang 95.181 km memiliki keanekaragaman hayati (Mega Biodiversity) yang sangat besar salah satunya adalah teripang. Teripang merupakan jenis dari biota laut yang banyak ditemukan di Indonesia. Namun masih banyak yang belum mengetahui tentang jenis, harga dan manfaat teripang di Indonesia.

Teripang merupakan anggota dari timun laut. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua timun laut merupakan teripang. Teripang merupakan sebutan dari jenis timun laut yang memiliki nilai ekonomis atau diperdagangkan di Indonesia. Teripang memiliki bentuk tubuh yang lunak, elastis, dan cenderung berwarna kusam. Panjang teripang dan bentuk teripang pun sangat bervariasi, bergantung dengan jenisnya.

Dalam jurnal-jurnal penelitian, terminologi yang sering dipakai adalah timun laut atau sea cucumber. Sehingga jika merujuk dengan terminologi tersebut ada lebih dari 1200 jenis di dunia dan 30 jenis diantaranya adalah kelompok Teripang.

Jenis-Jenis Teripang di Indonesia

Peneliti-peneliti Indonesia lebih suka menggunakan istilah teripang dalam topik-topik penelitiannya. Di Indonesia sendiri pun tercatat ada 350 jenis timun laut dan 54 jenis diantaranya adalah Teripang.

Teripang sendiri termasuk dalam famili Holothuriidae dan Stichopodidae. Teripang dapat dijumpai pada ekosistem terumbu karang, lamun, mulai zona interidal sampai kedalaman 40an meter. Di Indonesia sendiri teripang banyak ditemukan di Riau, Lampung, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Secara ekonomi berdasarkan tingkat harga, teripang dapat diklasifikasikan menjadi mahal, sedang, dan murah. Teripang yang masuk dalam kategori mahal adalah teripang pasir putih (Holothuria Scraba), teripang koro/susu hitam (Holothuria Nobilis), teripang nanas putih (Thelonata Ananas), dan teripang susu putih (Holothuria Fuscogilva).

Sedangkan dalam klafisikasi teripang yang berharga sedang adalah teripang Gama (Stichopus Variegatus), teripang Batu (Actinopyga Lecanora), dan teripang Lontong (Actinopyga Miliaris). Dan beberapa teripang yang masuk dalam kategori murah adalah teripang Merah (Holothuria Edulis), dan teripang Hitam (Holothuria Leucospilota), teripang Keling (Holothuria Atra).

Manfaat dari Kandungan Gizi Teripang

Teripang mengandung berbagai macam kandungan yang mempunyai banyak manfaat. Kandungan gizi yang terkandung di dalam teripang menurut artikel dalam Parangtritis Geomaritime Science Park memiliki diantaranya 9 jenis karbohidrat, 59 jenis asam lemak, 19 jenis asam amino, 25 komponen vitamin, 10 jenis mineral dan 5 sterol.

Teripang sebagai bahan makanan yang dimanfaatkan untuk pengobatan telah digunakan sejak lama di negara asia. Salah satu negara yang menggunakan Teripang dan sering melakukan impor dari Indonesia adalah Cina bahkan sejak Dinasti Ming.

Apa saja manfaat Teripang untuk kesehatan yang telah dibuktikan oleh penelitian? Berikut 9 manfaat teripang untuk kesehatan:

1. Mengatasai Penyakit Arthritis

Teripang dikenal dapat mengatasi penyakit radang sendi atau Athritis. Bahkan manfaat ini paling banyak dibicarakan karena dapat diatasi oleh teripang. Itu karena kandungan anti peradangan yang dimiliki Teripang dapat mengobati beberapa gangguan inflamasi seperti alergi tingan hingga Rheumatoid Asthritis.

Selain kandungan tersebut, kandungan kondroitin sulfat juga ditemukan di teripang. Kandungan tersebut dapat mengatasi radang sendi seperti Osteoarthritis.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah pada teripang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain memelihara kesehatan pembuluh darah, senyawa antiperadangan yang dimiliki teripang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Teripang juga memiliki senyawa antikoagulan. Ini berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah yang menjadi penyebab terjadinya serangan jantung. Fakta lainnya teripang juga dapat menurunkan tekanan darah.

3. Menghambat pertumbuhan Sel Kanker

Teripang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kulit, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan, teripang memiliki kandungan triterpenoid.

Selain itu Teripang juga mengandung cerebrosides yang dapat melindungi usus dari peradangan dan tumor. Namun manfaat teripang dalam hal tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan dari teripang diteliti dapat menurunkan trigliserida dan kadar LDL atau kolesterol dalam darah. Ini karena tingginya kadar protein dalam teripang. Selain itu, kandungan tersebut dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis yang merupakan penyebab dari penyakit jantung coroner.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan Glikosaminoglikogan sulfat diketahui mempercepat penyembuhan luka, baik luka pada permukaan kulit maupun kerusakan di dalam di tubuh. Sehingga bagi yang meiliki luka luar dapat mengonsumsi Teripang agar lukanya dapat segera sembuh.

6. Menjaga kesehatan fungsi hati

Dalam penelitian, teripang terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan hati dan diabetes. Teripang dapat mencegah kanker hati dan meningkatkan fungsi ginjal.

Selain itu, kandungan pada teripang juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, mencegah tanda penuaan dini, dan mengatasi sering buang air kecil.

7. Mengatasi masalah gusi

Ternyata kandungan gizi pada Teripang berkhasiat untuk kesehatan gusi. Khasiat tersebut bisa didapatkan pada ekstrak Teripang. Sudah sejak lama dipercayai bahwa ekstrak Teripang diyakini dapat mencegah hingga mengobati infeksi bakteri, jamur, dan pathogen lainnya.

8. Meningkatkan kesehatan tulang dan Mengurangi nyeri otot

Kandungan kalsium pada Teripang begitu tinggi. Tentu kalsium berfungsi untuk memberikan manfaat besar bagi kesehatan tulang.

Teripang merupakan biota laut yang mempunyai kandungan fosfor yang tinggi. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan otot dan mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Jadi teripang baik untuk orang yang mempunyai hobi olahraga atau sedang menguatkan tulang.

9. Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan

Teripang memiliki kandungan kolagen yang melimpah. Kandungan Kolagen dalam teripang baik untuk kesehatan kulit. Kolagen merupakan jenis protein yang berfungsi sebagai jaringan ikat dan berperan penting dalam pembentukan lapisan kulit dan menjaga kulit dari kerusakan.

Dengan berbagai manfaat di atas, masih diperlukan penelitian lebih jauh untuk semakin memperdalam pengetahuan terkait manfaat-manfaat dari Teripang.

Harga Teripang

Harga makanan laut baik mentah maupun matang cenderung mahal, termasuk juga Teripang. Menurut pantauan harga di e-commerce, harga teripang termahal dapat mencapai Rp 9 juta per 600 gram. Bahkan menurut Business Insider, harga teripang dunia bisa mencapai 3.000 dolar Amerika Serikat pada tahun 2020 atau sekitar Rp 45juta mengikuti kurs Februari 2023.

Apa alasan yang membuat Teripang memiliki harga mahal?

Harga teripang mahal karena memiliki kandungan nutrisi serta manfaatnya yang baik bagi tubuh. Teripang merupakan bahan makanan yang tergdolong superfood karena memiliki protein dengan kadar lemak serta kalori rendah. Selain itu, Teripang juga mengandung vitamin dan mineral.

Semua nutrisi dalam teripang tersebut mampu menghasilkan beberapa manfaat yang berguna bagi tubuh seperti Immunobooster atau menjaga daya tahan tubuh, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan tulang, menyehatkan jantung dan hati, hingga membantu melawan sel kanker, menurunkan asam lambung, dan lain sebagainya.

Manfaat tersebut kini dapat dirasakan dengan mudah dan efektif dalam Suplemen makanan berbahan dasar 100% Teripang Bernama Geesel. Geesel berbahan dasar teripang yang dikeringkan tanpa mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Geesel merupakan cara baru untuk hidup sehat tanpa obat. Rasakan kebaikan kandungan nutrisi Teripang dari Geesel.

Pesan Disini

Berita Terkait

Diskon Grand Launching! Geesel 30 Kapsul Hadir…

Menang 7 Juta Rupiah, Syaratnya Cukup Registrasi…

Belajar dari Filosofi Teripang: Tampak Aneh Tapi…

Ternyata Teripang Bisa Jadi Nutrasetikal dan Cegah…

Ini 4 Manfaat Geesel Bagi Penderita Penyakit…

GEREBEK GEESEL, Menangkan Total Hadiah Puluhan Juta…

Jenis, Harga, dan Manfaat Teripang di Indonesia:…

Buat Resolusi 2023, Ini 5 Tips Hidup…